Rest Area Banjaratma, Rest Area Bekas Pabrik Gula

Beberapa bulan lalu, ketika aku melakukan roadtrip ke Jogjakarta bersama keluarga, aku sudah merencanakan untuk berhenti di Rest Area Banjaratma KM 260B dalam perjalanan pulang. Kenapa? Karena ada yang menarik perhatianku tentang rest area ini.

Lokasi Rest Area Banjaratma

Rest Area Banjaratma ini berlokasi di daerah Cipugur, Banjaratma, Bulakamba Kab. Brebes Jawa Tengah, tepatnya di KM 260 Tol Pejagan-Pemalang. Posisi rest area ini ada di sisi kiri jalan tol yang mengarah ke Jakarta.


Rest Area Banjaratma KM 260B adalah sebuah tempat peristirahatan sebagaimana mestinya yang ada di pinggir jalan tol. Di sini terdapat pom bensin, toilet, restoran, tempat oleh-oleh, dan berbagai hal lainnya yang umum kita lihat di rest area. Tapi ada yang ga biasa dan berbeda, yaitu rest area ini dulunya adalah bekas pabrik gula lho! Dimana tampilan bangunannya pun bergaya industrial dan klasik sekali.

Keunikan Rest Area Banjaratma KM 260B

1. Nuansa Tempo Dulu

Rest area ini dibangun dengan memanfaatkan bangunan kuno berupa pabrik gula peninggalan zaman belanda yang pernah didirikan sejak tahun 1908. Bangunan pabrik gula ini memang sengaja tak diubah sama sekali, jadi nuansanya masih penuh dengan kenangan masa lampau. Ditengahnya ada tembok reruntuhan bangunan dulu. Apik sekali untuk berfoto ria! Tak ketinggalan juga masih ada mesin pengolah gula juga lho!

Di bangunan ini juga menyisakan pohon dengan akar gantung yang menempel ketembok. Mungkin ada sesuatu yang spesial dari pohon ini, sehingga masih tetap ada dan terjaga.

Baca juga: Museum Pabrik Gula Berkonsep Modern

2. Ada Kebun Binatang Mini

Nah, di rest area banjaratma ini, selain kita bisa melepas lelah, kita juga bisa menikmati sebuah taman kecil yang lengkap dengan aneka burung dan kelinci yang dapat dilihat melalui rumah kaca. Kalau bawa anak-anak pasti mereka suka melihat binatang disini.

3. Masjid dengan Bata Merah

Masjid yang ada di rest area ini dibangun dengan full bata merah. Namanya Masjid As Safar. Batu bata penyusun dindingnya ditata sedemikian rupa sehingga ada banyak celah-celah yang sekaligus menjadi ventilasi udara, sehingga bagian dalam tempat shalat ini terasa sejuk. Konsep yang keren ya!

Masjid As Safar

4. Ada Wahana Seluncuran Pelangi

Sebelum ke rest area ini, aku sudah pernah melihat unggahan video di instagram yang sedang berseluncur di wahana seluncuran berwarna-warni. Yang ternyata lokasinya adalah di Rest Area Banjaratma ini.

Mempertahankan bentuk bangunan aslinya dengan corak batu bata membuat bangunan ini terlihat menarik. Bahkan di sekitar area Rest Area Banjaratma KM 260B ini pun bisa dibilang cukup instagramable.

Nah buat kamu yang berpergian melewati Tol Cipali, bisa coba mampir ke Rest Area Banjaratma KM 260B dan kamu akan melihat sesuatu yang berbeda dari biasanya.

Cheers,

Jastitahn

Author: Jastitahn

an ordinary girl who loves traveling and sharing with other people

6 thoughts on “Rest Area Banjaratma, Rest Area Bekas Pabrik Gula”

  1. konsepnya menarik ya, istirahat sejenak dari penatnya jalan sekalian terhibur dengan bangunan sejarah yang tertinggal dan ada mini zoo, anak-anak nih biasanya suka, kembali melakukan perjalanan dengan hati senang nih

    Like

  2. ih ini rest area yg waktu itu kita datangin utk isi bensin. Waktu pulang dari kerjaan di jogja, kita sempet mampir ke rest area ini deh kalau nggak salah. Tapi udah malam jadi sepi dan kelihatan serem banget. Temen-temenku cerita ini itu dan sempet bilang ini bekasi pabrik gula jaman belanda. Ternyata kalau di siang hari ada penjualnya iya. Bangunannya juga keren banget gitu. Sengaja tidak dihancurkan pula beberapa bentuk bangunannya. Kalau mampirnya pas siang, aku bakal masuk sih lihat-lihat.

    Like

  3. Waktu mudik tahun lalu menyempatkan berhenti di rest area ini. Emang unik banget yaa tempatnya! Tapi sayang pas siang panas banget dalemnya ntah pas saat itu karena orangnya banyak juga sih..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s